Tag

,

Gereja Pohsarang atau Puhsarang Kediri adalah salah satu Obyek wisata lokal religi (umat Kristiani) andalan kota Kediri sampai saat ini,  Gereja Puhsarang adalah sebuah Gereja Katolik Roma yang terletak di desa Pohsarang, kecamatan Semen, Kediri, di kaki Gunung Wilis, Jawa Timur. Menginjakkan kaki dan melangkah masuk ke Kompleks religi ini, kita langsung disuguhi gaya arsitektur yang menawan. Selain sentuhan tradisi yang kental, Gereja Katolik yang terletak di kaki timur Gunung Wilis, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri ini juga membawa gaya moderen. Jadi, selain melihat sentuhan Mojopahit, Jawa, Tiongkok, Bahkan Hindu dan Budha, kita juga dapat melihat sruktur busur kayu, baja tarik penghubung atap, dan teknologi rumah otomatis.

Gereja tua Pohsarang ini dibangun tahun 1936 dan sudah mengalami beberapa kali renovasi. Namun dari rentetan renovasi itu, bentuk asli gereja masih terjaga. Altar gereja dari batu masih yang beratnya mencapai tujuh ton dan berhias pahatan rusa, altar luar berbentuk Stupa Borobudur, menara berbentuk Candi Buntar, pendopo, perangkat gamelan sebagai pengiring misa, tabernakel batu dengan desain batu terguling, makam, dan lain-lain, masih bisa kita temui di Gereja Pohsarang. Bentuk-bentuk yang mengagumkan ini tak lepas dari tangan dingin Ir. Maclaine Pont (1884-1971), seorang arsitek berkebangsaan Belanda yang lahir di Messter Cornlis (Jatinegara). Ketika mulai mendesain gereja ini, dia tak lupa memasukkan unsur budaya lokal. Sebagai seorang arsitek, Pont sangat mengagumi situs-situs penting di Jawa, salah satunya Majapahit di Trowulan Mojokerto, Jawa Timur.

Gereja Puhsarang terletak sekitar 6 km kearah barat dari kota Kediri . Di obyek wisata ziarah umat Katholik ini terdapat gereja tua perpaduan arsitektur eropa dan Majapahit yang unik dan juga obyek-obyek lain yang menarik, seperti:

  1. Goa Maria Lourdes
  2. Jalan Salib Bukit Golgota
  3. Taman Kana
  4. Bumi Perkemahan Bukit Tabor
  5. Gedung serbaguna
  6. Wisma Betlehem dan Wisma Hening sebagai tempat penginapan wisatawan

Dengan ramainya kunjungan umat kristiani maupun wisatawan umum ke Gereja Puhsarang Kediri , Baik dari wilayah Kediri sendiri maupun dari luar kota (termasuk mancanegara) jelas akan berdampak pada peningkatan ekonomi  Masyarakat di sekitar gereja Pohsarang Kediri. Pengunjung dapat membeli cinderamata khas wisata religi di tempat ini.  O iya…!  satu lagi informasi, bagi pengunjung yang ingin bermalam ataupun mengadakan kegiatan rohani, di lokasi wisata Pohsarang juga tersedia penginapan Wisma Betlehem beserta gedung pertemuan. Tersedia 24 kamar tidur standar dan 30 kamar tidur VIP beserta gedung dengan kapasitas 1.000 hingga 1.500 orang untuk digunakan acara retret, seminar maupun acara kerohanian lainnya. Di Wisma ini juga tersedia kafetaria yang menyediakan beragam hidangan makanan dan minuman.

Resource :  http://id.wikipedia.org   n   http://www.kediri.go.id