Tag

,

Bagi para penikmat alam dan merasakan suasana yang full oxsigen, tidak ada salahnya mengunjungi objek wisata Air terjun Dolo. Terletak di daerah Besuki kurang lebih 20 km kearah barat kota kediri tepatnya di lereng gunung Wilis.  Di Besuki sebenarnya ada tiga air terjun, yaitu air terjun Irenggolo, air terjun parijoto, dan air terjun Dolo, insya Allah nanti lain waktu akan saya tampilkan objek-objek lain di daerah Besuki ini. Lokasi air terjun Dolo paling tinggi dibanding yang lain. Letaknya juga paling jauh, empat kilometer dari komplek villa besuki. Jalan kesana menanjak tajam. Hati-hati bagi yang kendaraannya sudah renta, bisa-bisa nggak kuat naik.

Pemandangan di sepanjang jalan menuju air terjun Dolo istimewa. Di kanan jalan berupa hutan tropis lebat, sementara di kiri jalan terpampang panorama indah lereng gunung wilis. Titik tertinggi yang kita lewati untuk ke air terjun Dolo adalah sekitar 1400 mdpl. Kebayang dong kerennya. Dari salah satu titik kita bisa melihat kota Kediri dan kota Tulungagung nun jauh di bawah sana.

Sebagaimana umumnya wisata air terjun, begitu sampai di parkiran kita harus berjalan kaki lagi menuju air terjun. Jalanannya berupa tangga-tangga dari bebatuan yang dibuat melingkari daerah tersebut. Bebatuan tersebut menambah pesona dan nilai tersendiri yang membedakan dengan air terjun ditempat lain.  Tapi ya…!! itu , jalan kakinya ndak tanggung-tanggung. Kita harus menuruni tangga dengan jarak yang sangat jauh! Mungkin ada 1000 anak tangga, sangat cocok untuk membakar kelebihan lemak tubuh, hehehehehe…!!!

Tiap berpapasan dengan pengunjung yang naik saya sampai ndak tega melihat tampang mereka. Tatapan sendu mereka seolah melarang saya turun, daripada menyesal. Suara gemuruh air terjun dari jauh memang sudah terdengar, tapi tetap saja ndak sampai-sampai. Sepanjang perjalanan turun yang saya bayangkan bukan keindahan air terjun, tapi betapa capeknya nanti harus naik lagi.

Air terjun Dolo terdiri dari tiga tingkat. Dua tingkat terbawah tingginya masing-masing empat meter. Yang paling keren tentu tingkatan paling atas. Tingginya sekitar 30 meter. Debit airnya tidak besar jadi  kita bisa mandi di bawah curahan air terjunnya, kalau kuat sih…!!! pasalnya hawanya dingin buanget.

Setelah dibekukan oleh dinginnya Air Terjun Dolo, pengunjung dapat memanaskan suasana dengan menikmati fasilitas pariwisata yang tersedia seperti Joging ataupun Hiking Area. Bagi yang membawa keluarga dapat mengajaknya ke taman bermain yang tersedia. Tersedia pula Camping Ground bagi pengunjung yang ingin tinggal dan menikmati suasana kawasan ini lebih lama. Beberapa meter dari air terjun, kita dapat menemukan kebun sayur dan strowberi di sebuah pondokan yang terbuat dari bambu, pengunjung bisa membeli sayuran dan stroberi yang masih segar bahkan bisa langsung dapat memetiknya sendiri dari pohon.

Bagi pengunjung yang belum terbiasa dengan suasana dingin, saya disarankan untuk membawa mantel atau baju hangat agar tetap bisa menikmati perjalanan Anda, karena dilokasi biasanya selalu diliputi mendung dan kabut yang tebal ditambah lagi kadar air yang cukup tinggi. Lebih baik kalau datang sebaiknya jangan pas hari libur karena pengunjung cuma satu dua, jadi berasa air terjun pribadi, asik kan…………!!!!

Image :  http://traveling-kiancantik.blogspot.com