Tag

,

BANGSA YANG BESAR ADALAH
BANGSA YANG MENGHARGAI JASA PAHLAWAN-PAHLAWANNYA.
(SOEKARNO)

Di alun-alun kota Kediri, tampak patung Mayor Bismo berdiri dengan gagah. Sejak dahulu  selalu penasaran, siapa sebenarnya mayor ini, kok kayaknya saat masih di bangku sekolah belum pernah ada di buku sejarah waktu itu.  Penjelasan yang aku terima waktu itu hanyalah bahwa  Mayor Bismo merupakan tokoh penting yang menyatakan kalau Kediri bergabung dengan RI sesaat setelah Proklamas.

Pertanyaan-pertanyaan itu selalu muncul tatkala melewati alun-alun kota Kediri, seperti ada perasaan tertantang unyuk mencari tahu riwayat dari sosok Mayor Bismo. Informasi-informasi yang aq dapat sangatlah minim banget, hanya menjelaskan bahwa Mayor Bismo (Syodancho Bismo) adalah Pahlawan Nasional asal Kota Kediri. Beliau bersama-sama tokoh Gerakan Pemuda yang dengan penuh semangat, penuh kesadaran disertai keberanian bertekad mengambil alih kekuasaan pemerintah dari tangan Jepang. Pertemuan besar-besaran dikalangan tokoh masyarakat Kediri dengan pemuda bertempat di Perguruan Taman Siswa (Jl. Pemuda No. 16 kediri). Sikap yang tidak ragu-ragu diteruskan dengan pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan tokoh masyarakat, pejabat-pejabat dan exponen bersenjata di Gedung Nasional Indonesia (GNI).

Mayor Bismo mengawali masuk dan membimbing Fuko Cho Kan Alm. Abdul Rochim Pratolikrama (nama tokoh yang juga asing bagi ku) dan ditengah-tengah gelora massa mengumumkan kesediaanya berdiri dibelakang Pemerintah RI dan mengangkat diri sebagai Resident RI Daerah RI. Massa Rakyat dengan pimpinan Mayor Bismo dengan disertai teriakan “Merdeka-Merdeka-Merdeka” menyerang markas Ken Pe Tai (Jl. Brawijaya 27), kemudian dilangsungkan perundingan. Sebagai hasil perundingan, Jepang menurunkan benderanya dan diganti bendera Merah Putih.

Akhirnya hanya itulah info yang ku dapat tentang sosok Mayor Bismo, bila rekan-rekan mempunyai biografi lengkap Mayor Bismo bisa donk kiranya share ke yang lain. Sehingga jika ada orang dari luar kediri waktu melintas alun-alun kota dan bertanya tentang patung siapakah itu, kita bisa menjawabnya dengan gamblang dan bangga atas tokoh tersebut.

resource : http://www.kotakediri.info