Tag

,

Satu lagi tempat wisata alam di daerah kediri kawan yaitu air terjun Ngleyangan.  Bisa dikatakan air terjun ini masih perawan dan belum tersentuh penanganan dari pemerintah setempat.  Air terjun Ngleyangan disebut juga Air Terjun Sekartaji.  Jatuhnya air dari ketinggian ±123 Meter merupakan daya tarik obyek wisata ini disamping udara sejuk karena berada diketinggian 800 meter dari permukaan laut.  Air terjun ini terletak di lereng timur Gunung Wilis.

Lokasinya terletak sekitar ±20 Km arah Barat Laut Kota Kediri tepatnya di Dusun Goliman, Desa Parang Kecamatan Banyakan, Kabupaten Kediri, Propinsi Jawa Timur. Air terjun ini bisa dikatakan paling dahsat yang ada di lereng Gunung Wilis.  Di atas puncak air terjun ini terdapat sisa situs berupa sumur dan patung-patung Hindu.  Konon di situlah tempat Mpu Brahmaraja hidup bersama putrinya Dewi Amisani (Permaisuri Dandang Gendis (raja Kediri)) untuk beberapa waktu lamanya Dandang Gendis berdiam di sekitar air terjun itu sampai ia dijemput pulang ke keraton Kediri untuk dinobatkan menjadi Raja Kediri yang baru bergelar Sri Kertajaya untuk menggantikan Jayasheba yang mangkat beberapa bulan sebelumnya.

Sungguh sangat disayangkan tempat yang begitu potensial untuk dikembangkan sebagai tempat wisata, tapi dengan akses yang sungguh payah. Perjalanan menuju lokasi bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Sampai di pertigaan jalan sebelum Pasar Banyakan, berbelok ke kiri. Ikuti saja jalan pedesaan sampai menemukan Dusun Goliman. Ketiadaan area parkir mengharuskan bagi yang membawa kendaraan dengan menitipkan kendaraannya pada penduduk setempat.

Untuk mencapai air terjun yang punya nama lain air terjun Sekartaji ini, kita harus melakukan hiking sekitar 2,5 jam. Naik turun menyusuri bebukitan dengan ladang penduduk di kanan kiri jalan. Tidak ada petunjuk jalan yang jelas. Paling hanya goresan dari cat di bebatuan dan mengikuti pipa air. Tapi jangan khawatir penduduk yang sedang bekerja di ladang bisa menjadi narasumber yang terpercaya. meski kadang juga membuat stress …. (masih jauh mas) hehe..
Satu hal yang cukup memprihatinkan, bebukitan di sekitar air terjun sudah gundul dan menjelma menjadi ladang penduduk. Bila dibiarkan, entahlah sampai kapan air terjun akan tetap bertahan.

Sangat memprihatinkan dan membuat terharu biru. Wisata alam sehebat dan seindah ini.., begitu sepi dan minim pengunjungnya..Semoga untuk hari-hari yang akan datang, wisata Air Terjun Ngleyangan akan menjadi hijau kembali, akan semakin bersinar, semakin banyak dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan

resource : https://sites.google.com/site/wisataairterjun
http://sambangparan.blogspot.com