Tag

Anda seorang adventure kuliner?  Kediri juga menawarkan extrim kuliner , belum lengkap kiranya jika belum mencoba sate 02 atau sate belicot di dusun Jengkol desa Plosokidul, kecamatan Plosoklaten, kabupaten Kediri. Sentra peternakan dan aneka makanan olahan berbahan dasar bekicot.

Desa Jengkol berada di jalur lokasi wisata gunung Kelud, tepatnya di jalan raya wates – pare atau bisa juga ditempuh dari kota kediri tepatnya 10 kilometer ke arah timur dari kawasan Monumen Simpang Lima Gumul kediri, di sepanjang jalur yang melewati dusun Jengkol bederet warung yang menjajakan beranekan makanan olahan dari bekicot. Mulai dari kripik, sambal goreng dan sate bekicot, siap tersaji untuk disantap.

Kalau perancis punya olahan Bekicot (escargot) sangat digemari dan dijual mahal , maka di Kediri punya olahan bekicot (02) yang dengan mudah untuk menemukannya tidak saja di sentral nya di wilayah Jengkol bahkan diperdagangkan secara berkeliling kampung – kampung di kediri dengan menggunakan sepedah unta dan murah pula. Uniknya sate bekicot dibungkus dan dijual satuan. Satu bungkus sate bekicot berisi 50 tusuk,dijual dengan harga Rp.15.000. Kalau soal rasanya lezat, mantab, lazziizz pokoknya hauce cing ping ping dah..!!! kata yang pernah merasakan sih…, pasalnya aku belum pernah merasakan sendiri hehehehe…….

Image : http://ridertua.com n http://koprol.zenfs.com