Kediri mempunyai kawasan yang unik, ada salah satu kampung yang terkenal dengan sebutan kampung inggris. Tepatnya di desa Singgahan dan Tulungrejo kec Pare. Meskipun berjuluk kampung Inggris, jangan dibayangkan wajah Tulungrejo dan Pelem seperti permukiman di luar negeri atau kawasan wisata yang dijejali turis asing seperti di Sosrowijayan, Yogyakarta atau Jalan Jaksa, Jakarta. Suasana di dua desa ini bener-bener kampung yang kebetulan terdapat banyak sekali tempat-tempat kursus bahasa inggris.

Munculnya kampung inggris ini tidak lepas dari satu tokoh bernama Muhammad Kalend Osen, beliau lah yang paling awal mendirikan tempat kursus ditempat ini pada tahun 1976. Meskipun berjuluk kampung, tapi kalau ngomongin fasilitas di kampung inggris ini sudah komplit, dari Bank yang menyediakan ATM 24 JAM warnet yang buka sehari penuh serta banyak penyewaan sepedah sebagai alat transportasi. Ada Tiga Hotel dan dua Rumah Sakit  disekitar lingkunan tersebut.

Seperti yang sudah aku sebutkan di atas bahwa di kampung ini banyak tempat persewaan sepedah.  Hal ini terjadi karena Untuk urusan transportasi, dikampung inggris 70 % masyarakatnya memakai sepeda sebagai alat transportasi, jadi  meskipun penduduknya padat, tetapi kamu tidak akan terganggu dengan kebisingan mesin kendaraan.

Cukup sulit untuk menyebutkan nama satu persatu dengan begitu banyak lembaga kursus di kamoung inggris ini. Sebagai gambaran di BEC milik Pak Kalend, disana siswa benar-benar dituntut untuk disiplin dan kemauan belajar tinggi. Anda tidak bisa semaunya bolos tanpa ijin. bahkan bila tidak masuk 3 hari saja Siswa dikeluarkan. Kalau anda ingin model “santai” pilihlah yang model kuliahan, Siswa sendiri yang bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Umumnya pada saat musim liburan sekolah, kampung inggris ini diserbu pelajar dari berbagai sekolahan dari jawa maupun luar jawa yang ingin belajar bahasa inggris.

Ada yang unik bila berada di kampung ini, tempat-tempat kursus bukan seperti yang kita bayangan, duduk di ruangan mendengar mertor membimbing di depan kelas. Mereka memilih tempat-tempat dalam suasana santai, bisa dengan duduk lesehan di kebun-kebun penduduk, di gazebo-gasebo sederhana yang sengaja di didirikan.

Terakhir, soal biaya hidup dikampung ini tergolong murah meriah, baik makanannya maupun tempat kost atau pemondokannya. Jadi bisa menjadi alternatif wisata pendidikan saat liburan sekolah atau kuliah rekan-rekan.  Demikian sekilas tentang kampung inggris di wilayah kediri.

Image : http://nanie.me/wisata-sepeda-di-kampung-inggris-pare.html http://kampunginggrispare.net