Pelem Podang atau Mangga podang merupakan erupakan salah satu produk unggulan lokal dari kabupaten Kediri. Mangga podang memang memiliki kekhasan bila dibandingkan dengan buah mangga jenis lain baik dari segi rasa ataupun warnanya. Warna kulitnya kuning dengan sedikit bintik merah didekat pangkal dahannya, membawa daya tarik tersendiri bila dipandang. Aromanya khas mengundang selera segar apabila didekati. Rasanya manis walau tanpa gula. Benar – benar memenuhi syarat buah unggulan yang layak untuk dijadikan oleh-oleh khas Kediri.

Sentra penghasil mangga podang di Kabupaten Kediri terdapat di lima kecamatan yang melingkari gunung Wilis yaitu Kecamatan Banyakan, Tarokan, Grogol, Mojo, dan Semen. Jumlah mangga Podang terbesar berada di Kecamatan Banyakan dan Tarokan. Tidak heran apabila di wilayah tersebut, banyak warga yang mencari penghasilan dengan menjual mangga podang. Di Desa Banyakan yang merupakan jalur Kediri – Nganjuk, berjajar kios – kios penjaja mangga ini, tidak kurang ada 20 kios pedagang mangga podang secara menetap.  Jumlah tersebut belum terhitung pedagang dadakan yang berjualan saat moment – moment tertentu seperti Hari libur maupun hari raya keagamaan.

Jika sedang musimnya, mangga ini sangat murah sekali. Harganya antara Rp 3500,- sampai Rp 5000,- perkilo, itu kalau membeli disentranya yakni di desa Banyakan.  Kalau untuk buah tangan sebaiknya memilih yang masih berwarna hijau namun semburat merahnya sudah kelihatan.  Tertarik…!!! datang saja ke Desa Banyakan Kabupaten Kediri…..

Image : http://www.pawonomah.tk/2012/10/mangga-podang-gunung-khas-kediri.html